1. Apakah kegunaan mengetahui jarak henti sebuah kapal?
Jawab :
Jawab :
- untuk mengetahui waktu selama mesin maju penuh sampai msin mundur penuh.
- Untuk mengetahui kapal tersebut masih ada laju atau tidak
2. Tergantung faktor apakah jarak henti sebuah kapal ?
Jawab : perbedaan dari gaya mesin mundur penuh dan mesin maju terus.
3. Jelaskan dengan gambar olah gerak yang dilakukan untuk berputar 1800 dari haluan semula pada alur pelayaran sempit dengan pengaruh angin dari lambung kanan.
Jawab :
Ket gmb.
Jawab : perbedaan dari gaya mesin mundur penuh dan mesin maju terus.
3. Jelaskan dengan gambar olah gerak yang dilakukan untuk berputar 1800 dari haluan semula pada alur pelayaran sempit dengan pengaruh angin dari lambung kanan.
Jawab :
- Pos I mesin maju kemudi kiri, dibantu angin kapal akan sampai pada posisi 2
- Pada pos 2 mesin mundur untuk memutar buritan kapal. Pada kapal mundur buritan mencari angin sehingga kapal tiba di pos 3
- Pada pos 3 mesin maju penuh kemudi kiri kapal akan berbalik arah 1800 dengan arah semula dan pada kapal maju haluan selalu mencari angin
4. Jika saudara berlayar diperairan sempit dan dangkal faktor-faktor apakah yang wajib saudara perhitungkan sehubungan dengan kemampuan olah gerak kapal, jelaskan
Jawab :
Jawab :
- Mengurangi kecepatan, cukup untuk mempertahankan haluan.
- Penyusulan dan perpasan harus dilaksanakan dengan hati-hati untuk menghindari pengisapan dan penolakan yang berbahaya
- Pada waktu melewati perkampungan pinggir alur, dermaga dan pelampung kecil kecepatan harus dikurangi lagi
- Faktor pertambahan sarat kapal pada buritan yang dapat mengakibatkan kandas.Faktor penghisapan atau penolakan dari tebing atau tepi alur
5. Mengapa waktu kapal sedang mundur maka buritan kapal akan mencari angin. Jelaskan!
Karena bentuk badan kapal dibawah air
Titik putar (P) terletak ½ p dari buritan sehingga bagian mukalah yang kena angin lebih banyak sehingga haluan menjahui angin sedangkan buritan mencari angin
6. Jelaskan artinya istilah olah gerak berikut ini
6. Jelaskan artinya istilah olah gerak berikut ini
- Nothing to port : kemudi tidak main kiri
- Under master command and pilot advices: Perintah dibawah nahkoda mengikuti nasehat pandu dan tanggung jawab tetap dibawah nahkoda
- Begin of sea voyage : memulai pelayaran
7. Terangkan kegiatan yang harus dilakukan pada waktu satu jam kamar mesin, kapal akan berangkat
Jawab :
- KKM dan semua kepala bagian diberitahu juga petugas pelabuhan.
- Dokumen kapal dari muatan diperiksa, benderan yang diperlukan dipasang, lampu navigasi di tes, semua peralatan anjungan di tes, jam kapal dicocokkan
- Buat slip condition dan tulis dianjungan, berkaitan dengan Dra., jumlah muatan, bahan bakar, ballastSeluruh ABK siap dan berada diatas kapal, alat2 komunikasi dicoba, kapal dibuat layak lautPemeriksaan barang terlarang dan penumpang gelap serta perwira siap ditempat tugas masing2
8. terangkan kegiatan yang harus dilakukan padawaktu 1 jam kamar mesin, kapal akan berlabu jangkar
½ atau 1jam sebelumnya KKM perwira jaga mesin diberitahukan untuk menyiapkan mesin 2 nya termasuk air deck anmgin suling dll, ABK deck serta perwira jaga diberitahu
Peta rencana, teropong, peralatan penerima pandu di siapkan
Menyiapkan dokumen 2 clerence seperti dokumen emegerasi, beacukai dokument dn surat 2 kpl
Pada siang hari memasang bendera kebangsaan kpl, bendera negara yang dikunjungi dan bendera nama kpl dn mempersiapkan alat 2 muat bongkar
Menyiapkan penerima pandu
Jika masi menggunakan topadaal di angkat
Ekosonder diaktifkan
Mesin jangkar di coba dengann mengarea rantai jangkar, keluar dr ulup dn siap di lego
Alat komunikasi internal dan external dicoba
Penentuan posisi dilakukan sering mungkin dn kontak dengann pihak darat di lakukan dengann secara terus menerus
Semua kegiatan yang dpt menggangu jalannya proses lego jangkar di hentikan
9.apa keuntungan dan kerugian kpl berbaling ganda di banding yang berbaling-baling tunggal
Laju dan daya olah gerak lebih besar
Kepastian bekerja lebih besar
Bagian mesin, poros baling-baling dan sebagainya lebih kecil dan ringan
Dengan satu mesin saja kapal dapat di kemudikan dan berlayar dengann ¾ laju semula
Apabila daun kemudi hilang kpl dapat dikemudikan dengann bantuan mesinnya
Kerugiannya
Lebih mahal biaya pembangunnanya dan mahal perawatannya
Kehilangan ruangan muat karena dengan adanya 2 terowongan as baling-baling
Lebih banyak personil utk pemeliharaan
Lebih besar kemungkinan baling-baling terbelit tali pada saat olah gerak
10.jelaskan apa yang dimaksud baling-baling ganda putar luar dn baling-baling ganda putar dlm
balinng 2 putar luar
baling-baling kanan putar kekanan
baling-baling ganda
baling-baling ganda putar kedalam
baling-baling kanan putar kekiri
baling-baling kiri putar kekanan
11. terangkan dengann Gm tali 2 tambat yang di gunakan oleh sebuah kapal yang sandar di dermaga
12. sebutkan nama dn fungsi tali tambat tsb :
bow stern : menangan kpl agak tidak bergerak mundur
head line : menahan kpl agar tdk mundur dan bergerak keluar
forward breast line : menahan kpl agar tdk keluar
forward spring line : menahan kpl agar tdk maju
after spring line : menahan kpl agar tdk mundur
after breast line : menahan kpl agar tdk membuka / keluar
stern line : untuk menahan kpl agar tdk maju
13. kpl akan sandar kiri didermaga dengann angin dr laut jelaskan olah geraknya disertai gm
Ket gm
dermaga didekati dengann kecepatan yang cukup
pada posisi pos 1 mesin stop dn dengann sisa lanjutnya kpl akan sampai di pos 2
pada pos 2 mesin mundur pelahan hingga sampai pos 3 mesin stop dn lego jangkar untuk menahan kpl merewang lebih cepat.kemudian tros dn spring dikirim kedarat setelah terikat di bolder darat tros dn spring muka belakang gantian di hibob serta jika rantai jangkar kencang maka di area pelan –pelan
setelah kpl tiba di pos 4 tali 2 di ikat kencang dn mesin dn muka belakang selesai
14. sebutkan dan jelaskan tiga gaya yang berkerja pada saat kemudi di sampingkan dan lengkapi jawaban anda
gaya p : suatu gaya tekan yang bergerak tegak lurus dengann daun kemudi dn bekrja pad titik bilamana kemudi di sampingkan kekanan maka akan terjadi seabuah kopel yang mana momonnya akan memuar kapal kekanan menimbulkan gaya poros (life) dan p (drak)
gaya s gaya yang membujur yang membujur yang mendorong ke arah maju
gaya w gaya yang bekerja pada bagian lambung depan kpl berlawanan dengann di samping kanannya daun kemudi GM
15. apa keuntungan dn kerugiannya berlabuh jangkar dengann cara vertulen lurus
Keuntungannya adalah
Praktis kapal hanya memerlukan ruang gerak yang sempit
Mengurangi kemungkinan terbelitnya rantai jangkar selama arus pasang surut masih bergantian secara teratur
Kerugiannya
Menyiapkan dokumen 2 clerence seperti dokumen emegerasi, beacukai dokument dn surat 2 kpl
Pada siang hari memasang bendera kebangsaan kpl, bendera negara yang dikunjungi dan bendera nama kpl dn mempersiapkan alat 2 muat bongkar
Menyiapkan penerima pandu
Jika masi menggunakan topadaal di angkat
Ekosonder diaktifkan
Mesin jangkar di coba dengann mengarea rantai jangkar, keluar dr ulup dn siap di lego
Alat komunikasi internal dan external dicoba
Penentuan posisi dilakukan sering mungkin dn kontak dengann pihak darat di lakukan dengann secara terus menerus
Semua kegiatan yang dpt menggangu jalannya proses lego jangkar di hentikan
9.apa keuntungan dan kerugian kpl berbaling ganda di banding yang berbaling-baling tunggal
Laju dan daya olah gerak lebih besar
Kepastian bekerja lebih besar
Bagian mesin, poros baling-baling dan sebagainya lebih kecil dan ringan
Dengan satu mesin saja kapal dapat di kemudikan dan berlayar dengann ¾ laju semula
Apabila daun kemudi hilang kpl dapat dikemudikan dengann bantuan mesinnya
Kerugiannya
Lebih mahal biaya pembangunnanya dan mahal perawatannya
Kehilangan ruangan muat karena dengan adanya 2 terowongan as baling-baling
Lebih banyak personil utk pemeliharaan
Lebih besar kemungkinan baling-baling terbelit tali pada saat olah gerak
10.jelaskan apa yang dimaksud baling-baling ganda putar luar dn baling-baling ganda putar dlm
balinng 2 putar luar
baling-baling kanan putar kekanan
baling-baling ganda
baling-baling ganda putar kedalam
baling-baling kanan putar kekiri
baling-baling kiri putar kekanan
11. terangkan dengann Gm tali 2 tambat yang di gunakan oleh sebuah kapal yang sandar di dermaga
bow stern : menangan kpl agak tidak bergerak mundur
head line : menahan kpl agar tdk mundur dan bergerak keluar
forward breast line : menahan kpl agar tdk keluar
forward spring line : menahan kpl agar tdk maju
after spring line : menahan kpl agar tdk mundur
after breast line : menahan kpl agar tdk membuka / keluar
stern line : untuk menahan kpl agar tdk maju
13. kpl akan sandar kiri didermaga dengann angin dr laut jelaskan olah geraknya disertai gm
dermaga didekati dengann kecepatan yang cukup
pada posisi pos 1 mesin stop dn dengann sisa lanjutnya kpl akan sampai di pos 2
pada pos 2 mesin mundur pelahan hingga sampai pos 3 mesin stop dn lego jangkar untuk menahan kpl merewang lebih cepat.kemudian tros dn spring dikirim kedarat setelah terikat di bolder darat tros dn spring muka belakang gantian di hibob serta jika rantai jangkar kencang maka di area pelan –pelan
setelah kpl tiba di pos 4 tali 2 di ikat kencang dn mesin dn muka belakang selesai
14. sebutkan dan jelaskan tiga gaya yang berkerja pada saat kemudi di sampingkan dan lengkapi jawaban anda
gaya p : suatu gaya tekan yang bergerak tegak lurus dengann daun kemudi dn bekrja pad titik bilamana kemudi di sampingkan kekanan maka akan terjadi seabuah kopel yang mana momonnya akan memuar kapal kekanan menimbulkan gaya poros (life) dan p (drak)
gaya s gaya yang membujur yang membujur yang mendorong ke arah maju
gaya w gaya yang bekerja pada bagian lambung depan kpl berlawanan dengann di samping kanannya daun kemudi GM
Keuntungannya adalah
Praktis kapal hanya memerlukan ruang gerak yang sempit
Mengurangi kemungkinan terbelitnya rantai jangkar selama arus pasang surut masih bergantian secara teratur
Kerugiannya
Kemungkinan rantai terbelit masi ada
Jika angin bertiup kencang dr arah yang tegak lurus terhadap jankar dn rantai menjadi besar sekali, hal ini dpt menyebabkan rantai putus
16. verhllen lurus adalah : berlabuh jangkar menggunakan dua buah jangkar di mana jarak kedua jaangkar cukup jauh satu sama lain, dn rantai rantainya merupakan satu garis lurus dan sejajar dengann arah arus
17. tulis pelaksanaan berlabuh jangkar dengann sistim vertuein lurus dengann mesin maju / mesin mundur
Pelaksanaan berlabuh jangkar dengann sistim vertuin lurus ada 2 yaitu
Cara drainary noor (mesin mundur)
Ket : GM
Jika angin bertiup kencang dr arah yang tegak lurus terhadap jankar dn rantai menjadi besar sekali, hal ini dpt menyebabkan rantai putus
16. verhllen lurus adalah : berlabuh jangkar menggunakan dua buah jangkar di mana jarak kedua jaangkar cukup jauh satu sama lain, dn rantai rantainya merupakan satu garis lurus dan sejajar dengann arah arus
17. tulis pelaksanaan berlabuh jangkar dengann sistim vertuein lurus dengann mesin maju / mesin mundur
Pelaksanaan berlabuh jangkar dengann sistim vertuin lurus ada 2 yaitu
Cara drainary noor (mesin mundur)
- Kapal datang melawan arus, stop mesin pada tempat dicapai yang di rencanakan
- Posisi pos 1 lego jangkar, dipilih jangkar yang di atas arus
- Mesin mundur seperlunya, area rantai jangkar jangan terlalu slak
- Kpl ke pos 2 oleh arus mengarea rantai kira-kira 2
- panjang yang ditentukan, posisi pas lego jangkar ke dua
- Kopling jangkar pertama dimasukkan untuk di hibob dan jangkar ke 2 diarea
- Bila jangkar pertama diibob berat maka bantu dengann mesin pelan sekali
- Baling-baling jaga agar bebas dari rantai Pada posisi no 3 agar rantai tdk berbelit kedua jangkar di hibob kencang, segel masing 2 jangkar di usahakan di deck agar mudah di lepas bila rantai terbelit
0 komentarmu:
Post a Comment
Tata Tertib Berkomentar :
* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form