Persiapan Menjadi Masinis Tiga (3rd Enginer)
Masinis tiga bertanggung jawab atas semua pesawat pompa dan alat pemindah panas (Heat Exchanger) lainya, tetapi kadang ketentuan ini berbeda beda tergantung perusahaan yang pada intinya sama yaitu bertanggung jawab atas pompa atau alat pemindah zat.
Apa saja yang harus diperhatikan ketika pertama naik kapal dan berposisi sebagai masinis tiga di kapal tersebut, tentu bagi pemula hal ini perlu menjadi pelajaran yang penting, berbeda bagi yang sudah terbiasa atau berpengalaman ini hanya sebagai revisi saja.
Adapun persiapan menjadi masinis tiga yaitu sebagai berikut :
Cek Sekoci penyelamat Setiap Seminggu Sekali
Cek peralatan Keselamatan Emergency Fire Pum
Perhatikan atau cek Pompa manasaja yang berkendala kemudian catat
- Catat semua spare part dari pompa dan Purifier ( biasanya sudah tercatat di daftar inventaris mesin ) apabila sudah ada catatab kita tinggal cek di lapangan mengenai spare part
- Perhatikan spare dari pompa tersebut, bila tidak ada atau kurang dimintakan ke perusahaan
Spare yang vital pada pesawat pompa dan purifier antara lain :
- Bearaing [type bearing dan no seri bearing harus di catat sebagai bahan pegangan]
- Rams Packing [ Gland Packing ] Cek setiap jenis dan ukuran
- Mouth Ring
- Neck Bush
- Mur dan Baut [cek sesuai ukuran]
- Couplink [ Baut Kopel]
- Packing
- Impeler
- Oring
- Spring untuk Piston Pump
- Filter
- Valve & Seating Valve Untuk Piston Pump
- Manometer Suction & Dilevery
- As
- Mecanical Seal / Nock Seal
Spare Part minimal ada satu yang belum di pakai, kusus yang vital adalah bearing dan rams packing
Persiapan Menjadi Masinis Tiga by Maritim World |
Peralatan-Peralatan Kerja
Adapun peralatan penting yang digunakan oleh masinis tiga antara lain :
- WD / Contac Cleaner [ Sebgai anti Karat]
- Inside Micrometer & Outside Micrometer
- Sigmat / Jangka Sorong
- Grease
Perawatan Pada Pompa dan Purifier
Beberapa Perawatan terpenting dalam merawat pompa dan purifier antara lain :
Cek tekanan Pompa [ Jika turun bisa diakibatkan oleh filter yang kotor atau zat yang terlalu cair atau terlalu ketal] atau pada rams packing yang terlalu kencang dan bisa juga kesalahan dalam memasang impeler.
Overhoule Pompa dilakukan sesuai jam kerja yang tertera di buku atau apabila terjadi maintainenc hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain :
- Tandai pompa sebelum di bongkar dengan menggukan tipeX atau betel
- Rams Packing,
- Packing,
- Impeler,
- Neck Bush,
- Mouth Ring, apabila sudah tidak layak dan tidak sesuai dengan ukuran di ganti dengan yang baru,
- Bersihkan bagian-bagian pompa dengan brashing dan cat ulang agar tidak mudah berkarat,
- Ganti mur baut yang sudah berkarat
- Cek Impeler, Periksa diameter dalam impeler dan diameter luar samakan dengan ukuran pada manual book
- Cek As pompa dengan mesin bubut dengan cara melihat putaran as untuk mengetahui bengkok dan tidaknya as
- Ganti Bearing dan nock seal apabila diperlukan
- Perhatikan Pen Spie pada pemasangan impeler
- Perhatikan pemasangan pompa pada dudukan harus center
Sebenarnya masih banyak lagi yang perlu ditambahkan diatas, hal tersebut sesuai pengalaman kalaupun ada yang mau menambahkan kekurangan tersebut silahkan Menambahkan di kolom komentar atau email di cimunmoses@gmail.com atau bisa menggunakan menu contac.
writen by : cimunmoses [admin]
Image Credit : http://www.maritimeworld.web.id
0 komentarmu:
Post a Comment
Tata Tertib Berkomentar :
* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form