Kapal – Kapal tangki minyak ( oil Tankers )
Kapal – kapal tangki minyak mengangkut muatannya dalam sejumlah tangki – tangki atau kompartemen – kompartemen dalam badan kapal. Setelah minyak muatan dibongkar, tangki – tangki harus dengan hati – hati dicuci dan kurang lebih 1/3 dari padanya harus diisi air laut agar baling – baling kapal benar – benar terbenam. Proses ini dikenal sebagai pengisian air balas ( ballasting ).
Pada hari – hari pertama dari operasi kapal tangki minyak, membersihkan tangki – tangki dengan cara menyemprotkan air laut adalah pekerjaan yang biasa dilakukan. Pencemaran tersebut mencuci residu – residu minyak pada diding tangki, yang dihasilkan dalam suatu campuran minyak dan air yang terkumpul pada dasar dari tangki dan kemudian dipompa keluar kapal.
![Oil Tanker Deskripsi](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjta4RYPHDhULJeLKkOnftPqm6aBY_NxUBygBQQdKO46Xs-udyigEIgw6XVHuFsuNgl4Pybz55sjjlhOKYubR8Z7Yzt46yevQO86mi-FEAegzgwp8zHt5onMRyJ2zW2DdM7C7aXO2QXBzAB/s1600/Tanker-Ship.jpg)
Tentu saja hal ini membawa kepada suatu jumlah besar dari minyak ke laut dan air balas, yang dipompa keluar kapal akan memberikan tempat bagi muatan minyak baru.
Dalam tahun 50-an, tidak ada cara – cara alternative lainnya untuk membersihkan tangki – tangki dan tujuan dari suatu konvensi yang diadopsi dalam tahun 1954 melarang pembuangan minyak atau campuran – campuran berminyak dalam batas 50 mil dari barat. Batas ini kemudian diperpanjang hingga 100 mil dalam daerah – daerah tertentu dimana khususnya membahayakan.
Selama tahun 60-an, kemajuan – kemajuan tehnik memungkinkan untuk memperbaiki persyaratan – persyaratan Konvensi dan dalam tahun 1969 amandemen – amandemen yang dirancang untuk membuat pengurangan – pengurangan lebih besar dalam operasional pembuangan – pembuangan minyak telah diadopsi.
Salah satu kemajuan tehnis yang penting adalah pengembangan suatu system yang dikenal sebagai Load-On-Top ( L.O.T ). Walaupun pada mulanya system ini dikembangkan sebagai cara untuk penghematan uang ( saving money ), namun juga menguntungkan bagi lingkungan.
Pada awal tahun 1970 berkaitan tentang pertumbuhan globalisasi lingkungan dan musibah Torrey Conyon pada tahun 1967 telah memperlihatkan bagaimana pengrusakan yang diakibatkan oleh tumpahan minyak. IMO telah diingatkan untuk memikirkan akan kesehatan dari lingkungan laut dan mengambilkan langkah – langkah untuk memperbaikinya.
Dalam tahun 1973 IMO mengadopsi Konvensi MARPOL 1973. Kemudian konvensi tersebut telah mengalami modifikasi dalam tahun 1978 yang dikenal dengan MARPOL Protokol 1978, dan sekarang ini dikenal dengan sebutan MARPOL 73/78. Pengaturan ini membatasi sangat besar akan jumlah minyak yang mungkin dibuang ke laut selama operasi – operasi rutin dan sama sekali melarangnya dalam beberapa daerah.
Tujuan keseluruhannya adalah mengurangi jumlah campuran –campuran air minyak yang harus dikeluarkan dari kapal dan memastikan bahwa tersedia cukup fasilitas di darat untuk menerima minyak yang tertinggal di kapal setelah pembongkaran muatan minyak.
Sarana – sarana tersebut termasuk ketentuan – ketentuan untuk kapal yang harus dikonstruksikan dengan tangki – tangki terpisah ( segregated tanks ) untuk membawa air balas dan pembersihan dapat dilakukan dengan cara pencucian menggunakan minyak mentah dari muatan itu sendiri ( Crude Oil Washing System ), dari pada dengan air.
Kapal – Kapal Tangki Minyak | Oil Tankers |
Sarana – sarana tersebut termasuk ketentuan – ketentuan untuk kapal yang harus dikonstruksikan dengan tangki – tangki terpisah ( segregated tanks ) untuk membawa air balas dan pembersihan dapat dilakukan dengan cara pencucian menggunakan minyak mentah dari muatan itu sendiri ( Crude Oil Washing System ), dari pada dengan air.
Kapal – Kapal Tangki Minyak | Oil Tankers |
0 komentarmu:
Post a Comment
Tata Tertib Berkomentar :
* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form