Belajar Dan Berbagi Informasi Dunia Pelayaran

Film Captain Phillips Dari Kisah Nyata "Bajak laut Somalia"

Film Captain Phillips terinspirasi dari kisah nyata dan menarik dalam dunia perfileman. Pada akhir tahun 2013 kemarin, satu film yang diambil dari kisah nyata kembali menjadi pilihan tontonan. Kisah pembajakan kapal milik perusahaan Amerika Serikat menjadi latar film "Captain Phillips".

"Captain Phillips", mengisahkan pembajakan kapal Maersk Alabama oleh gerombolan bajak laut Somalia yang terjadi di tahun 2009. 

Film yang disutradarai Paul Greengrass dan dibintangi oleh Tom Hanks (pemenang dua Academy Award) sebagai Captain Phillips ini merupakan sebuah cerminan dari kecemburuan sosial negara tertinggal terhadap negara maju.


Semua bermula ketika Captain Richard Phillips (Tom Hanks) ditugaskan untuk membawa kapal kargo MV Maersk Alabama melewati rute Alabama menuju ke Afrika. Padahal di rute itu, perompak kapal sering beraksi.

Sementara itu di Somalia, Muse (Barkhad Abdi) disuruh pemimpinnya, Garaad untuk melakukan misi pembajakan kapal yang melewati perairan di bawah teritorial mereka. 

Dengan cepat Muse mengumpulkan anak tiga anak buahnya yaitu Bilal (Barkhad Abdirahman), Elmi (Mahat M. Ali), dan Najee (Faysal Ahmed). Mereka beserta anak buah dari Garaad berangkat menuju perairan.

Di kapal MV Maersk Alabama Kapten Phillips yang merasa krunya tidak cukup persiapan untuk menghadapi perompakan menginstruksikan anak buahnya untuk melakukan latihan bencana. 

Namun, latihan tersebut langsung berubah menjadi situasi berbahaya sesungguhnya ketika dua kapal perompak Somalia dengan kecepatan tinggi menuju kapal mereka.

Kapten Phillips langsung meminta bantuan kepada Satuan Keamanan Maritim Amerika Serikat tapi tidak ada tanggapan yang berarti. Aksi kejar-kejaran yang memacu adrenalin penonton ini disuguhkan secara apik sehingga merasa dalam situasi tersebut. Akhirnya setelah dengan berbagai macam cara Kapal MV Maersk Alabama berhasil lolos dari kejaran dua perahu tersebut, mereka selamat.

Keesokan harinya, tanpa disangka, Muse yang membawa tiga orang kepercayaannya kembali mengejar MV Maersk Alabama dengan hanya membawa satu kapal. Aksi kejar-kejaran pun kembali terjadi dan tetap menghadirkan tensi yang sama ke penonton. 

Di sini, mulai terjadi berbagai macam konflik. Di sini kita akan melihat aksi heroik seorang kapten kapal untuk melindungi kapal dan awaknya. Drama penculikan antara kru Maersk Alabama, perompak, dan juga proses penyelamatan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat menjadi bumbu film ini.

Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah kematangan akting Tom Hanks yang mampu membawa emosi film terasa sampai ke penonton.

Hal yang menarik di film ini adalah, 75% proses pengambilan gambar dilakukan di laut. Sang sutradara, Greengrass mengakui, hal ini tidak mudah, namun demi menghasilkan gambar yang lebih nyata, ia bertekad untuk terus melakukannya. 

Film ini diangkat dari sebuah buku karya Richard Phillips dan Stephen Talty berjudul "A Captain's Duty: Somali Pirates, Navy SEAL's, Dangerous Days at Sea".

Sumber          : http://www.beritasatu.com
Image Credit  : www.impawards.com
Edited By;Admin

Tags :

Related : Film Captain Phillips Dari Kisah Nyata "Bajak laut Somalia"

0 komentarmu:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :

* Tidak boleh mencantumkan link apapun ke dalam komentar.
* No SARA
* Tidak menggunakan kata yang menyinggung perasaan orang lain
* Silahkan Utarakan Pertanyaan Yang ada hubungannya dengan Postingan atau pertanyaan Umum Masuk ke Contact Form